Tuesday, September 28, 2010

Pasta, pasta, pasta!

Parliamo di pasta, dalam bahasa Italia berarti : Mari bicara tentang Pasta. I’m a Pasta lover. Tapi ngaku, gue cuman tau gak lebih dari 5 jenis pasta. Tahu beberapa bentuknya, tapi gak tau apa nama Pastanya.

Ketika gue ngetik kata kunci ‘List of Pasta’ di Wikipedia, gue gak nyangka akan keluar begitu banyak jenis dan bentuk dari Pasta. Dari yang paling familiar alias sering kita lihat, sampe yang namanya sangat asing dan bentuknya unik-unik.

Mungkin ini posting-an gue yang paling gak ‘usaha’. Semata ingin berbagi pengetahuan seputar Pasta, yang kebetulan ada dan lengkap di wikipedia.com.

Dari jenis adonan yang sama, Pasta kini ada dalam begitu banyak bentuk dan potongan. Biasanya, bentuk pasta juga mempengaruhi waktu memasak, konsistensi, kemampuan bercampur dengan saus, kemudahan makan, dan lain-lain.

Oleh karena itu, bentuk tertentu lebih cocok untuk masakan tertentu, dan pasangan tersebut dapat menjadi bagian dari tradisi memasak tertentu. Misalnya, saus amatriciana umumnya digunakan dengan pasta bucatini, dan hampir tidak pernah dengan spaghetti atau bentuk lainnya.

Nama jenis Pasta Italia sering berakhir dengan kata jamak maskulin-akhiran,-Elli,-illi,-etti atau jamak feminin-ine,-elle dll, semua menyampaikan rasa "kecil", atau dengan-oni,-satu,
berarti "besar".


No comments:

Post a Comment