Saturday, September 11, 2010

Day 24 : Setelah ‘asik-asik’nya berlalu....

Masuk hari ke-4 liburan hari raya, euphoria-nya mulai terasa meredup dengan bermunculannya satu persatu dari ini : lantai rumah kotor dan lengket, tumpukan baju kotor segunung, cucian piring yang gak pernah habis dan meja makan kosong gak ada makanan....

A.R.T.I.N.Y.A? Saatnya INDAH bertransformasi menjadi SARINEM. Call me, Inem... Mudah-mudahan keciprat image sekseeh-nya hehehehehe. So, sejak bangun tidur pagi ini, gue merangkap menjadi Inem selain teutep jadi diri sendiri ... *ada istilahnya gak ya?

OK. Mumpung paginya cerah, matahari murah hati bagi-bagi sinar, paling bener ya cuci baju dulu. Kumpulin semua baju kotor, pisah-pisah jenisnya, masukin ke mesin cuci, tambah air, masukin detergen, puter knop, jeng jeng.... tinggal nunggu mateng.

Sambil nunggu, saat nya bebenah rumah. Alhamdulillah, ada tawaran bantuan untuk buang sampah  dan urusan nyapu dari hubs. Yaaaaaaaaah, walaupun hasilnya gak seperti kalo ngerjain sendiri, lumayan lah. Setidaknya dia mau bantu-bantu. Next, urusan ngepel. Ups, baru nyadar lantainya luas beneeeer ^^’.......

Rumah mulai terasa lebih bersih, urusan cuci-mencuci juga hampir beres, perut keroncongan.... Butuh Sarapan! aaah help! Gue emang gak masak apa-apaan khusus hari raya buat di rumah. Secara sekarang hanya tersisa kami bertiga...  Nyokap sih masak macem-macem. Cuman gue males bawa pulang, waktu kemarin sempet ke rumah ortu.... Alhasil, tetep harus turun ke dapur.... HEI! Lagi-lagi hubs menawarkan diri masak nasi goreng...  Awalnya seneng banget. Tapi ujung-ujungnya gue juga yang repot.. Oooooooooh... kasian Inem....

OK. Satu hal yang diem-diem gue syukuri. Untunglah gue ‘familiar’ dengan segala urusan tetek-bengek rumah tangga. Tapi gue pikir-pikir lagi ini bukan urusan bisa atau gak bisa. Tapi urusan KEMAUAN dan KEHARUSAN. Sumpe mati, gue gak akan percaya kalao tiba-tiba ada yang bilang ‘gak bisa nyuci baju’ atau ‘gak bisa nyetrika’. Omong kosong. Pasti bukan karena gak bisa. Tapi karena GAK MAU.

Yang pertama terpikir, ya anak gue. Kelak cepat atau lambat gue mau diapun HARUS bisa mengerjakan semua urusan domestik seperti ini. Anak gue, harus bisa nyapu, ngepel, nyuci-nyuci, masak. Minimal, bisa. Gak perlu ahli atau jago. Gue mau, dia menjadi BISA dan MAU mengerjakan semua tanggung jawab dalam rumah tangga. Alhamdulillah, saat ini sehari-hari kami punya asisten rumah tangga. Semua jenis urusan di rumah, ada yang mengerjakan. Tapi itu bukan berarti anak gue jadi keenakan dan jadi gak bisa apa-apa....

Gue gak mau, misalkan 10 tahun lagi saat hari raya dan asisten gak ada, terus gue yang masih harus jadi Inem sementara anak gue cuek-cuek aja. NO WAY. Anak gue, juga harus tau arti tanggung jawab bersama. Capek dan seneng bersama. Gue gak mau dia jadi pribadi in-toleran yang gak peka dan gak peduli. Jadi, sekarang gue akan minta ’my 5yo princess’ untuk bantu gue di dapur. Masak buat makan siang.

Apa ya? Semur ayam aja kali ya? Gampang dan cepat, hehehe. CACAAAAAAAAAAAA! Ayo, bantu bunda di dapur!

2 comments:

  1. Kalo aku ikutan ke dapur sama ibuku diusir, katanya cuma bisa ngegerecokin doang ahahaha sedih amat. ayok caca cepat besar biar abis bantuin bunda, bantuin akyuuuu

    ReplyDelete