Sunday, September 12, 2010

Day 25 : Jena The Maid

Jena menghela nafas. Gak jadi deh liburan pulang ke rumah. Baru saja ibu nelpon. Kasih kabar, kalau bapak mendapat undangan pelatihan budidaya ikan air tawar di Malang selama 1 bulan. Dan ibu, memutuskan untuk ikutan sama bapak. Rumah di Solo, kosong. Huuuuuuuuuuuuaaaa...!

Kesel juga nih. Padahal Jena udah punya bayak rencana selama liburan di solo. Kumpul sama teme-temen deketnya semasa SMU. Keke, Bea, Rei, Nyitnyit, Meta, Inul.... Keseeeel.... Buyar deh, impian selama sebulan menikmati bangun siang tiap hari dan puas-puasan makan masakan ibu. 

2 kakak Jena ada di Surabaya. Mas Fan yang lulusan fakultas hukum UNBRAW kerja di salah satu Bank daerah. Dan mas Sis yang tahun lalu baru lulus AKMIL sebagai marinir, juga bertugas di Surabaya. Membayangkan kemungkinan kedua kakaknya bisa kumpul bareng bapak dan ibu yang akan berada di Malang, bikin Jena makin keki.

Biarpun ibu janji mau kasih ekstra duit jajan selama libur, tetep aja Jena ngerasa nelangsa. Sudah setahun ini,  Jena kuliah di Depok. Tanpa pulang sekalipun. Jadwal kuliah anak baru memang padet-det-det. Belum lagi, Jena ikutan 2 kegiatan lain di kampus. Cuma 1 kali ibu dan bapak datang berkunjung dan tidur sempit-sempitan di kamar kosnya yang asri di balik rimbunnya wilayah kukusan Depok, 6 bulan lalu.

Dari keenam sahabat SMU-nya, sebenernya bukan cuma Jena yang kuliah di Jakarta dan sekitarnya. Bea dan Rei juga kuliah di Jakarta. Mereka berdua kuliah di daerah Rawamangun. Cukup jauh dari Depok. Setahun ini, mereka hanya sempet ketemuan 2 kali saja. Karena Bea dan Rei, sama sibuknya dengan Jena.

Seperti kesepakatan awal, mustinya mereka bertujuh berkumpul lagi di Solo akhir minggu ini... tapi apa mau dikata, semua rencana buyar! Ibu dan bapak, tidak mengizinkan Jena pulang dan tinggal sendirian di rumah. Huh, sayang mereka gak punya sanak saudara di Solo. Kalau ada kan, bisa numpang nginep...

Jena mati gaya deh. Pelan-pelan mulai membongkar lagi travelling bag, yang dengan optimis semangat liburan sudah dia siapkan sejak 3 hari lalu. HP berbunyi. Di layar, muncul nama Mea. Kakak sepupu Jena, yang sudah menikah dan lama tinggal di Jakarta. Seketika, senyum mengembang di wajah Jena..

Halo? Mbak Me?

Jena! Assalamualaikum!

Waalaikum salam mbak..!

Sudah libur kamu ya? Bulik tadi telpon aku. Kamu ndak pulang ke Solo ya?

Iya Mbak... Gagal liburan...

Yo wes, gak papa! Kebetulan! Mau iseng-iseng cari tambahan uang jajan gak? Kantor Mas Muji butuh tenaga freelance nih!

Hah? Kantor mas Muji? Freelance apa to mbak?

Kantor Mas Muji kan penyalur jasa home service.. itu lho, jasa asisten rumah tangga profesional. Tenaga kontrak bulanan. Kebetulan bulan ini banyak permintaan, tapi tenaga kerja kurang. Iseng-iseng kamu gabung aja Jen! Besar lho upahnya!

Hah? Asisten rumah tangga? Serius ya Mbak?

Ya serius lah! Hei, jangan bilang kalo kamu masih memandang profesi ini rendah ya! Ini profesi terhormat dan banyak dibutuhkan lho! Kontrak kerjanya jelas, termasuk jenis pekerjaan yang harus dikerjakan, dan perhitungan jam kerja dalam sehari...!

Beneran upahnya besar mbak?

Dan dihitung perhari! Lebih besar dari upah SPG atau usher di pameran mobil lho!

YANG BENER? Lebih besar? Sebulan bisa berapa juta yaaaaaa?

Tertarik Jen? Nanti malem kamu dateng ya? Nginep di sini sekalian ngobrol sama Mas Muji. Ok? Ku tunggu ya sayang? Inget kan jalan ke sini?

Inget! Nanti aku naik bajaj aja dari blok M, mbak.

Ok, hati-hati nati di jalan ya! Assalamualaikum!

Dan telepon ditutup. Wow... Kurang dari 10 menit, tiba-tiba liburan kali ini jadi terlihat lebih menarik. Jena tersenyum lebar dan bergesas menyambar handuk. Mandiiii!

2 comments:

  1. IYA emang tenaga ART infal eh infal atau anfal ya? guede banget katanyaaaaa

    ReplyDelete