Tuesday, August 24, 2010

Day 8 : Nge-fans sama film-film-nya Yasmin Ahmad...

Gue lupa, awalnya tahu or denger tentang film-film karya almh. Yasmin Ahmad dari siapa… Yang jelas, gue tahu dia tokoh penting di industri iklan Malaysia dan Asia Tenggara. Pernah baca resensi trilogy film-nya somewhere.

Kemudian, ternyata mantan bos gue Kang Agus Arbana juga penggemar film-film karya beliau dan punya ke-3 dvd-nya! Alhamdulillah, Aa pun mau pinjemin ke gue semua judulnya!

Urutan film yang gue tonton : Mukhsin, Sepet, Gubra. Secara garis besar tema film-nya adalah percintaan antar ras dan agama di Malaysia.

Ehm… ada sesuatu yang membumi dari karya-karya Yasmin Ahmad. Bahasanya-pun sederhana dan hangat didengar (considering in Malay language yaa). Mungkin juga karena didukung cast-nya yang ‘pas’ dan sukses membawa perannya hingga meninggalkan kesan manis untuk para penonton.

Berkesan dengan 3 judul ini, jadi penasaran untuk hunting judul lainnya. Sayang di kesempatan pertama gue ke Kuala Lumpur November 2009, dvd Muallaf belum ada di pasaran. Film Muallaf sendiri, sempat diputar di ajang Jifest, dan mendapat sambutan hangat warga Jakarta.

Tahun ini, kesempatan ke KL datang lagi. Alhamdulillah, huntingnya sukses. Bukan cuma dapet ‘Muallaf’, dvd ‘Talentime’ juga sudah ada di pasaran. Senangnya!

Baik ‘Muallaf’ dan ‘Talentime’ masih setia mengangkat tema percintaan lintas ras dan agama. Dari sudut pandang yang berbeda dan tingkat ‘sweetness’ yang juga beda dari 3 seri pendahulunya. Plus catatan untuk theme songs di 'Talentime', luar biasa puistis-puitis banget! Love it a lot!

Nge-fans sama film-film-nya yasmin Ahmad pun sempat menular ke teman-teman dekat. Contohnya www.punyatara.blogspot.com. Dia juga suka, sepertinya…. *bener gak ya? hahahahaha

Karya Yasmin Ahmad :
1. rabun (2003) 2. Sepet (2004) 3. Gubra (2006) 4. Mukhsin (2006) 5. Muallaf (2008) 6. Talentime (2009) 7. 15Malaysia (2009)



2 comments:

  1. Aheeeem, belum selesai nonton Talentime-nya nih. huhu. kayaknya itu notebook kantor mesti aku bawa pulang biar selesai nontonnya

    ReplyDelete
  2. belum kelar?? jadi ya, ending-nya tuh...psssstts...spppsssst...pppststtt....

    ReplyDelete