Tuesday, April 02, 2013

Escaping a While – Happy Feet Trip. From the Palace to exotic Lunch

Rabu, 27 Maret 2013, 16.45PM

Wohooooo, akhirnyaaaaa. ADEMMMMM juga! Setelah  seharian berasa dipanggang, dan sempet hampir black-out tadi di Grand Palace (puanas-nyoooooo!), Alhamdulillah, sekarang udah rebahan di kasur dingiiin. Lanjut cerita yang tadi ya?

Perjalanan dari Sathon Pier / Asiatique sampe turun di Maharaj Pier, sekitar 20 menit. Yang terbiasa naik perahu, mustinya gak masalah. Agak goyang-goyang sedikit, gak akan sampe bikin mabuk laut kok. Hehehehehe….

Sepanjang perjalanan, ada tour-guide yang ngasih informasi tentang apa aja yang kita lewatin. Beberapa Wat (candi) yang gue lupa namanya… Paling inget ya cuman Wat Arun aja, karena bentuknya yang unik, menjulang tinggi di tepian sungai. Wat Arun alias 'Kuil Fajar', tempat Buddha Jamrud dahulu disimpan sebelum dipindahkan ke Wat Phra Kaeo di Grand Palace.

Turun di Maharaj Pier, keluar dan ambil arah ke kanan. Melewati lahan parkiran yang lumayan luas, kita harus berjalan kaki cukup jauh sambil lewatin penjual kaki lima. Di ujung jalan, ada sejenis pasar tradisional yang jual macam-macam sovenir, buah-buahan, kedai makanan, dan penjual juice + minuman ringan. Hari ini, cuaca puanas banget. Udah minum sebotol air mineral, tetepppp ajah ngerasa gerah dan haus.

Nyebrang jalan di ujung pertigaan, langsung ketemu tembok luar Grand Palace. Ikutin aja wisatawan yang hilir mudik di situ. Gampang lah nebak, kearah mana gerbang utamanya. Begitu ketemu pintu masuk utama, langsung terbaca himbauan agar semua pengunjung berpakaian sopan dan tertutup sebelum masuk ke kompleks Grand Palace. Oooouh, pantesan banyak bule-bule yang ngeluarin kain panjang dari dalem tas ransel, dililit-lilit ke pinggang supaya lebih sopan. Kan kebanyakan dari mereka kostum-nya minimalis banget di cuaca sepanas ini.

Masuk ke dalam, ramai-nya luar biasa. Segala macam ras di dunia, ngumpul di sini. Ada yang pakai rombongan tour lengkap dengan guide-nya dan ada juga yang macam kami, turis dadakan yang modal nekats. Hehehehe…

Antrian di loket masuk cukup panjang juga. Untuk 1 orang, dikenakan biaya kunjungan sebedar 500 baht, atau setara dengan 170ribuan deh. Melihat antrian, dan sinus gue yang mulai bikin kepala nyut-nyutan, akhirnya kita mutusin gak jadi masuk ke area kompleks. Cukup foto-foto aja dari luar.

Perut udah gaduh banget minta diisi. Rasanya, pengen makan yang lengkap dan enak. Pilihan pertama, restoran Yana (Thai, muslim) yang ada di lantai 5 Mah Boon Krong Center atau MBK. Mall ini mirip banget ITC di Jakarta, dan popular abis di antara wisatawan Indonesia. One stop shopping, segala ada.  Mau beli oleh-oleh, sampe belanja buat senengin diri sendiri, semua ada di sini. Umumnya masih boleh tawar menawar. Kunci-nya, asal bisa senyum ramah sama penjualnya.

Dari area Grand Place, akhirnya kita putusin naik Taxi aja buat menuju MBK. We really need AC! Ampuuun gerahnya. Taksi menolak pakai argo meter. Harga langsung tembak. Dia minta 30 baht! Buseeeeet… Setara 12ribu! SERIUS nih? Lebih mahal naik ojek doong… Perjalanan menuju MBK, melintasi area China Town, Khao San Road dan National Stadium. Lumayan, sambil bisa looking around… Macet juga perjalanannya. Padahal kalo lihat di peta, cuma selemparan batu ajah lho (lebay ah….). Oh ternyata, jam makan siang. Gak di Jakarta, gak di Bangkok, jam makan siang macet juga di mana-mana. Fiuuuh.

Kita turun dari taksi di depan Bangok Cultural Centre, dan naik ke atas untuk bisa nyebrang dan masuk ke MBK. Alhamdulillah, gak banyak yang berubah di area ini, jadi masih inget harus lewat mana aja. Nemu juga restoran-nya, rame dan penuh sama pengunjung muslim kebanyakan dari Malaysia dan Indonesia (ketauan dari bahasa obrolan mereka).

Karena laper beneran, menu yang dipesen juga jadi impulsive hahahahha. Yang wajib itu ya Tom Yam, Som Tam dan menu nasi khas Pattaya. Nyobain juga seaweed soup, yang ternyata enaaaaaaaaaaaak banget!!

Recomen banget deh. Apalagi Som Tam, duh jadi pengen beli lagi ah besok. Som Tam itu salad pepaya muda yang diparut terus disiram bumbu asem-manis-pedes semacam asinan tapi kuahnya kental. Pelengkapnya ada potongan kacang panjang dan kol. UENAAAAAK…… Selesai urusan makan yang lumayan nguras isi dompet. Ya maklum deh ya, restoran halal kan gak banyak. Wajar ajah klo harganya lebih mahal kan? Tapi puaaas. Alhamdulillah….

Selesai makan, kita sempetin muter-muter MBK. Tapi dasar lelaki di dunia semua jenis-nya mirip-mirip, mister bewok udah cemberut aje bawaannya keliling mall macam begini. Belom apa-apa udah minta duduk manis nunggu sambil ngupi aja di coffee shop. Hadeeeeh….

Karena emang sejak awal perjalanan berduaan ini gak niat pake acara belanja, ya cukup liat-liat aja deh yaaa. Beliin beberapa titipan sahabat, dan oleh-oleh boneka hello kitty buat Caca. Ini boneka, Caca udah ribut dari dulu pengen punya. Pas liat harganya lebih miring daripada harga di Istana Boneka Bintaro, langsung hajaaaar beli aja.

Karena ngejar waktu shalat dan pengen balik ke hotel sebelum jam bubar kantor, kita langsung menuju BTS Siam dan balik ke Hotel. Sekarang, udah beres mandi + shalat, dan mau ke rooftop di lantai 8 nunggu sunset sambil berenang. Ntar dilanjutin lagi ceritanya yaaaa! Daaaag….!

(Part 4)
Powered by Telkomsel BlackBerry®



No comments:

Post a Comment